Percabangan IF Else dan SwitchCase dalam C++

PERCABANGAN DALAM C++

Proses percabangan memperluas kegunaan dari program dengan memperbolehkan penggunaaan logika-logika sederhana untuk memilih blok-blok kode yang akan dieksekusi.

    A. Pernyataan IF Else
Pernyataan if digunakan untuk menjalankan blok-blok kode program jika test condition yang digunakan bernilai true. Jika test condition bernilai true, maka blok-blok kode dijalankan. 


contoh penerapan nested if dalam C++, sebagai berikut:


dari program diatas dapat disimpulkan bahwa, terdapat variabel nilaiuts, jika user menginput nlai uts sebesar 100 maka akan tampil output nilai huruf A, karena pada baris pertama if tersebut kondisi terpenuhi atau bernilai true.

SWITH CASE

 Percabangan SWITCH CASE merupakan bentuk lain dari percabangan IF dengan IF lainnya. Dikatakan sebagai bentuk lain karena kedua percabangan ini memiliki prinsip kerja yang sama, tetapi memiliki fomat penulisan dan kata kunci yang berbeda, yaitu SWICTH dan CASE.


contoh penerapan switch case dalam c++, sebagai berikut:


dan output program diatas adalah sebagai berikut:


Sekian artikel tentang Pembahasan Percabangan IF Else dan SwitchCase dalam C++ yang bisa saya tuliskan disini, kurang lebihnya mohon maaf, goodbye and see u in next artikel dasar pemprograman >.<!!




Post a Comment

0 Comments