Struktur Perulangan While, For dalam c++

APA ITU LOOPING?

 Perulangan adalah suatu proses eksekusi statemen-statemen dalam sebuah program secara terus-menerus sempai terdapat kondisi untuk menghentikannya. Operasi perulangan / looping selalu dijumpai di dalam berbagai bahasa pemrograman, hal tersebut karena struktur perulangan akan sangat membantu dalam efisiensi program.

MACAM MACAM STRUKTUR LOOPING

A. Looping/perulangan for
Struktur perulangan jenis for biasanya digunakan untuk melakukan perulangan yang telah diketahui banyaknya. Biasanya jenis perulangan for dianggap sebagai jenis perulangan yang paling mudah dipahami. Bila ingin melakukan perulangan for maka kita harus menulis strukturnya :


B. Looping/perulangan while
Stuktur perulangan while adalah perulangan yang melakukan pemeriksaan kondisi di awal blok perulangan.Kita tahu bahwa perulangan hanya akan dilakukan jika kondisi yang  didefinisikan terpenuhi (jika kondisi bernilai benar). Hal ini berarti jika kondisi yang di definisikan tidak terpengaruh (bernilai salah) maka statment-statement yang terdapat dalam blok perulangan pun tidak akan pernah dieksekusi oleh program.

C. Looping/Perulangan do while
Berbeda dengan struktur while yang melakukan pemeriksaan kondsi di awal blok perulangan, pada struktur do-while kondisi justru ditempatkan di bagian akhir. Hal ini tentu menyebabkan struktur perulangan do-while minimal akan melakukan satu kali proses eksekusi statemen yang akan diulang walaupun kondisi yang didefinisikan tidak terpenuhi (bernilai salah).
Adapun bentuk umum dari do-while seperti dibawah ini :


Sekian artikel tentang Pembahasan Struktur Perulangan While, For dalam c++ yang bisa saya tuliskan disini, kurang lebihnya mohon maaf, goodbye and see u in next artikel dasar pemprograman >.<!!

Post a Comment

1 Comments